0852 8888 2729 ign@pengajardigital.com
Alhamdulillah, Karya Saya Jadi Koleksi Perpustakaan Kementrian Perindustrian

Alhamdulillah, Karya Saya Jadi Koleksi Perpustakaan Kementrian Perindustrian

Saat iseng mencoba googling nama saya sendiri, hasilnya ada beberapa link yang menuju ke website Perpustakaan Kementrian Perindustrian Indonesia. Ternyata ada beberapa judul CD/DVD Tutorial karya saya yang jadi koleksi di perpustakaan tersebut. Semuanya merupakan karya saat bisnis lama saya, ProActive Multimedia, masih jalan. Hal ini mungkin tidak penting bagi orang lain. Tapi bagi saya ini sungguh berarti. Setidaknya bisa jadi portofolio untuk bisnis yang sedang saya rintis.

Terus terang saat ini saya sedang galau. Bisnis NetSchool.id yang sedang saya rintis belum berjalan sesuai harapan. Banyak masalah silih berganti yang harus saya selesaikan. Saya belum bisa fokus. Sempat terpikir untuk menyerah. Berhenti berkarya membuat video-video pembelajaran. Tapi setelah tahu bahwa karya saya jadi koleksi di Perpustakaan Kementrian Perindustrian, ada tambahan energi semangat untuk saya.

Entah kenapa, informasi ini mengingatkan saya bahwa dulu produk saya pernah jadi market leader untuk kategori produk CD/DVD Tutorial. Bisnis saya, ProActive Multimedia, pernah berjaya. Pernah mengelola 11 counter penjualan di Gramedia. Pernah punya karyawan lebih dari 30 orang. Alhamdulillah, dari bisnis ini saya bisa mengongkosi Ayah saya untuk menunaikan ibadah haji. Saya bisa beli rumah & kendaraan. Perusahaan saya pernah memberikan beasiswa kuliah 6 orang hingga mereka lulus.

ProActive Multimedia sudah saya tutup. Begitu juga DistroMedia, perusahaan saya satunya yang bergerak di bidang distribusi software & multimedia. Sejak akhir tahun 2012 saya bangkrut dan terpuruk. Panjang ceritanya. Sampai saat ini belum bisa benar-benar bangkit. Alhamdulillah anak & istri bisa mengerti keadaan saya. Walaupun saya sering tidak tega melihat mereka menderita.

Bagimanapun juga, kebangkrutan dan keterpurukan yang saya alami memberikan banyak pelajaran untuk hidup saya. Tak ada gunanya untuk terus-terusan disesali. Saya menuliskan ini untuk menyemangati diri saya sendiri. Bismillah.

 

Leave a Reply

Close Menu